Selasa, 24 Maret 2015

TEMPAT WISATA DI MAGELANG

Tempat Wisata di Magelang – Kota Magelang menyimpan beragam obyek wisata menarik. Bahkan salah satunya, memiliki popularitas hingga mancanegara. Apa saja nama obyek wisata Magelang yang harus anda kunjungi? Simak ulasannya berikut ini :

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata di Magelang paling favorit dikunjungi dan salah satu tempat wisata di Indonesia yang terkenal di dunia, candi peninggalan agama Budha. Candi ini dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra pada abad 9 M. Candi megah ini memiliki luas 15.129 m2. Strukturnya tersusun dari 55.000 m3. Borobudur memiliki sekitar 504 patung Buddha, 72 stupa, dengan tambahan 1 stupa paling besar.
Candi Borobudur
Candi Borobudur
Beberapa tahun lalu, candi Borobudur pernah dinobatkan sebagai bagian dari 7 keajaiban dunia. Luar biasa! Inilah bangunan bersejarah yang paling monumental di negeri ini. Bukan hanya berupa tempat wisata semata. Candi tersebut juga difungsikan sebagai tempat jujukan kaum peziarah Buddha. Candi raksasa ini berdiri kokoh menghadap hamparan sawah hijau dan diselimuti bebukitan. Sangat eksotis dan menawan.

2. Taman Kyai Langgeng

Mampirlah di Taman Kyai Langgeng Magelang! Kita akan menemukan wahana piknik cukup menyenangkan di sana. Di mana lokasinya? Lokasi taman ini berada di Jl. Cempaka Kota Magelang. Taman Kyai Langgeng memiliki luas sekitar 28 hektar. Di dalamnya, terdapat berbagai koleksi tumbuhan yang masih langka.
Taman Kyai Langgeng
Taman Kyai Langgeng
Karena sifatnya yang langka, tak jarang dimanfaatkan oleh sebagai peneliti untuk sarana penelitian mereka. Untuk menambah kesan rekreatif, pihak pengelola taman menambahkan sejumlah wahana permainan untuk anak-anak. Mereka bisa bersantai dengan menikmati apapun permainan yang terdapat di sana.

3. Air terjun Sekar Langit

Bagi traveler yang ingin menikmati hawa dingin, bisa mengunjungi spot air terjun Sekar Langit. Lokasi air terjun ini berada di Desa Telogorejo Kecamatan Grabag, Magelang. Posisinya berada pada lereng Gunung Telomoyo; sebuah gunung antara kota Salatiga dan Magelang. Air terjun tersebut berasal dari mata air yang bersumber dari Gunung Telomoyo. Dari mata air itulah, lalu turun dan memuncrat ke bawah.
Air terjun Sekar Langit
Air terjun Sekar Langit
Ketinggian air terjun ini kira-kira 35 m. Aliran air ini lalu mengalir hingga membentuk aliran sungai Elo di sebelah barat. Jalanan menuju lokasi ini, cukup bagus; dengan kontur aspal yang relatif rata. Hanya, traveler patut waspada mengingat banyak trek yang cukup curam.

4. Air Terjun Curug Silawe

Air terjun Curug Silawe adalah tempat wisata di Magelang favorit para muda-mudi, berlokasi di Desa Sutopati, tepatnya Dusun Kopeng Kulon Kecamatan Kajoran, Magelang. Secara geografis, curug Silawe berada di lereng Gunung Sumbing bagian selatan. Gunung ini termasuk komplek dari Dataran Tinggi Dieng. Ketinggian tempat ini mencapai sekitar 500 mdpl (meter di atas permukaan laut). Sedangkan tinggi air terjun, kira-kira 60 meter.
Air Terjun Curug Silawe
Air Terjun Curug Silawe
Curug Silawe terbagi menjadi 2 tempat curug. Ada curug yang beraliran air besar, pun curug yang berdebit air kecil. Curug pertama, yaitu Silawe. Dinamakan demikian, karena sekan-akan menyerupai Lawe atau sarang laba-laba dalam bahasa Jawa. Bagian bawah, ada cekungan yang terjadi lantaran proses turunan air terus menerus hingga membentuk kolam. Curag kedua, yaitu Sigong yang berketinggian sekitar 150 m. Letaknya, berdekatan dengan Silawe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar