Selasa, 24 Maret 2015

7 Manfaat Biji Nangka Bagi Kesehatan


biji nangkaSebagian besar orang langsung membuang biji nangka sehabis menikmati buahnya. Padahal, biji nangka juga bisa dikonsumsi (melalui beberapa proses terlebih dahulu) atau dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan tubuh. Hal ini berkat tingginya kandungan protein, serat, karbohidrat, vitamin A, B, dan C, fosfor, seng, serta kalsium.
Biji nangka juga mengandung fitronutrien seperti saponin, isoflavon, dan lignan yang merupakan antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker. Lalu manfaat apa saja yang ditawarkan oleh biji nangka? Simak ulasannya berikut ini..

Manfaat Biji Nangka

1. Mencegah Konstipasi
Dapatkan manfaat kesehatan dengan mengonsumsi biji nangka secara rutin. Kandungan seratnya yang tinggi dapat mencegah konstipasi. Biji nangka juga berperan dalam membantu pengeluaran racun dari tubuh.
2. Melawan keriput
Berkat kandungan antioksidannya yang tinggi, biji nangka diketahui dapat melawan penuaan di wajah. Caranya cukup mudah, cukup campurkan biji nangka dengan susu dingin, lalu hancurkan biji sampai halus dan ratakan pada wajah. Apabila dilakukan dengan rutin, keriput di wajah pun bisa berkurang.
3. Mengatasi stres dan penyakit kulit
Biji nangka dinilai baik untuk digunakan sebagai bahan terapi penyakit kulit dan bermanfaat dalam menjaga kulit tetap lembab alami. Hal ini berkat kandungan protein dan mikronutrien lainnya. Selain itu, biji nangka juga dapat mengatasi stres.
4. Membersihkan noda pada kulit
Banyak yang belum tahu bahwa biji nangka sebenarnya bisa membuat kulit lebih mulus. Caranya, campurkan biji nangka kering dengan susu dan madu. Selang beberapa saat, hancurkan biji nangka menjadi pasta lalu ratakan pada kulit yang bernoda. Setelah kering, bilaslah dengan air bersih.
5. Mencegah rambut rontok
Biji nangka mengandung vitamin A yang dapat membantu menjaga penglihatan. Selain itu, vitamin A yang ada dalam biji nangka juga bermanfaat dalam melawan kerontokan rambut.
6. Memberikan volume pada rambut
Biji nangka mempunyai manfaat yang besar dalam menjaga aliran darah agar tetap baik. Aliran darah yang baik sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Selain itu, biji nangka juga dapat menjaga kadar gula darah berkat kandungan mangannya yang tinggi.
7. Mencegah anemia
Biji nangka memiliki kandungan zat besi yang diperlukan tubuh untuk mencegah anemia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar