Selasa, 24 Maret 2015

Sering Mengantuk Di Siang Hari? Hindari Makanan Berlemak


Jika anda gemar makan makanan berlemak, sebaiknya anda segera menguranginya. Mengonsumsi makanan berlemak akan membuat anda mudah mengantuk di siang hari. Hal ini tentunya akan mengganggu produktivitas anda ketika pekerjaan sedang memerlukan konsentrasi yang tinggi.

Makanan Berlemak Akan Meningkatkan Rasa Kantuk

makanan berlemakMengonsumsi makanan yang berlemak tinggi dapat meningkatkanrasa kantuk. Sedangkan mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi akan meningkatkan kewaspadaan. Di sisi lain, tidak ada hubungan antara mengonsumsi makanan berprotein dengan kewaspadaan atau rasa kantuk seseorang.
Menurut para peneliti, tingkat kewaspadaan atau kantuk seseorang berada di level 31 untuk orang yang tidak gemuk dengan kondisi sehat, usia antara 18 sampai 65 tahun, serta tidur yang cukup (jam normal). Para peneliti kemudian melakukan penelitian terhadap makanan yang dikonsumsi.
Menurut Dr Alexandros Vgontzas, seorang peneliti utama dan profesor psikiatri, peningkatan konsumsi lemak memiliki dampak buruk yang signifikan terhadap tingkat kewaspadaan seseorang pada orang yang kondisinya sehat dan tidak gemuk. Hasil penelitian ini selanjutnya akan dipresentasikan juni mendatang di Associated Professional Sleep Societies (pertemuan tahunan) di Baltimore.
Hasil temuan ini seakan memperkuat hasil penelitian sebelumnya tentang adanya hubungan antara rasa kantuk dan makanan. Menurut dokter Vgontzas, keletihan dan rasa kantuk yang berlebihan pada siang hari adalah hal yang sangat umum terjadi dewasa ini, dan trennya cenderung meningkat. Tambah Vgontzas, tampaknya makanan yang mengandung tinggi lemak akan memberikan dampak negatif terhadap tingkat kewaspadaan seseorang dan kondisi ini bisa mempengaruhi kemampuannya dalam kehidupan sosial. Selain itu, makanan tinggi lemak juga berhubungan dengan peningkatan risiko timbulnya penyakit jantung dan kanker jenis tertentu.
Oleh sebab itu, untuk menghindari dampak negatif yang telah disebutkan di atas, sebaiknya anda mulai mengurangi asupan makanan-makanan yang kaya lemak. Sebagai gantinya, konsumsilah makanan-makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Semoga artikel ini bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar