Selasa, 24 Maret 2015

OBYEK WISATA PULAU PRAMUKA – KEPULAUAN SERIBU

Pulau Pramuka merupakan bagian dari Kepulauan Seribu. Lokasinya berada di antara gugusan kepulauan tersebut. Pulau ini masih termasuk zona Provinsi DKI Jakarta. Kultur masyarakat di Pulau Pramuka, terdiri atas komunitas yang berasal dari Banten, Madura, Bugis, maupun Betawi. Mereka berbaur meskipun berbeda etnis atau suka. Obyek wisata di Pulau Pramuka menyajikan alam hayati pantai yang indah mempesona. Hal ini sebenarnya tak beda dengan pulau lain yang masih satu gugusan Kepulauan Seribu. Pantai yang berair jernih, penuh dengan terumbu karang, maupun banyak ikan hias yang berenang kesana-kemari. Oleh karenanya, wisatawan pecinta pantai, tentulah akan merasa menyesal bila tidak mengunjungi pantai yang satu ini; manakala mereka sedang berpetualang ke Kepulauan Seribu.
Pulau Pramuka 4
Pulau Pramuka 3
Pulau Pramuka 2
Pulau Pramuka
Pulau Pramuka merupakan sebuah kawasan yang di dalamnya telah ada sejumlah tempat fasilitas umum yang memadai. Seperti, rumah ibadah, Rumah Sakit sekolah, dermaga, maupun tempat pelelangan ikan. Ada pula resor dan penginapan yang cocok bagi para wisatawan.
Hal yang menarik, di Pulau Pramuka, bangunan untuk pendidikan formal pun, telah ada mulai jenjang SD hingga SMA. Suatu keadaan yang sangat mendukung bagi terciptanya generasi muda yang berpendidikan di tempat tersebut. Adanya tempat pelelangan ikan, nantinya bisa memungkinkan bagi setiap traveler untuk membeli ikan secara langsung. Mereka pun bisa mengenali kehidupan para nelayan sehari-hari; pun bisa berinteraksi dengan mereka.
Hal lain yang perlu kita ketahui, di Pulau Pramuka, terdapat kawasan pelestarian penyu sisik (Eretmochelys imbricata). Populasi penyu tersebut menunjukkan penurunan dari tahun ke tahun. Maka layaklah, bila hewan tersebut berkategori langkah. Sehingga dengan dibangunnya tempat pelestarian, setidaknya ada upaya serius dari pihak terkait untuk mencegah kepunahan.
Perjalanan menuju Pulau Pramuka bisa ditempuh dari dermaga Muara Angke. Traveler bisa menaiki perahu motor tradisional ataupun speedboat. Setiba di Pulau Pramuka, selanjutya kita akan disuguhi panorama luar biasa yang terhampar di sana. Sebagai pelengkap, kita bisa pula menyewa perahu atau speedboat untuk menuju tempat atau pulau lainnya. Seperti Pulau Tidung, Pulau Panggang, Pulau Harapan, Pulau Semak Daun, Pulau Karya, Pulau Macan dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar